“RANCANG BANGUN E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA KEDAI SAN KOPI”
PROPOSAL PENELITIAN
Diajukan Sebagai Syarat Untuk Menyelesaikan Mata Kuliah
Pendidikan Metode Penelitian
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Universitas Pamulang
Oleh
:
NURUL MUSTHOFA
171011402408
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
PAMULANG
2019
Kata Pengantar
Syukur Alhamdulillah saya ucapkan
terima kasih kepada Allah SWT, karena saya dapat menyelesaikan tugas saya yaitu
membuat proposal penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Berbasis Web
Service pada Kedai San Kopi“ dengan tepat waktu. Harap memaklumi disini saya masih belum memiliki
pengetahuan yang banyak tentang tata cara membuat proposal yang baik. Ini
adalah pertama kali nya saya membuat proposal. Untuk kesempurnaan proposal ini
saran yang membangun selalu saya harapkan.
Disini
saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu
untuk menyelesaikan proposal ini, khususnya :
1.
Orang tua / keluarga saya yang telah
memberi dorongan, inspirasi, mendoakan dan mendukung langkah saya untuk
mewujudkan mimpi saya
2.
DR.H.Dayat Hidayat, M.M. selaku Rektor Universitas Pamulang
3. Drs. H. Buchori Hasmi Nuriman, M.M, selaku
Wakil Rektor I Universitas Pamulang
4. Syaiful Bahri, S.Kom M.Kom, selaku Ketua
Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang
5. Ibu Kasih, selaku dosen mata kuliah
Bahasa Indonesia
6.
Teman teman mahasiswa program studi Teknik Informatika semester 5 dan rekan seperjuangan 05TPLP002 serta seluruh
pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan proposal ini, baik secara
langsung maupun tidak langsung yang tidak padat penulis sebutkan satu persatu.
Dengan dibuatnya proposal ini,
saya ingin meneliti seberapa besar efektivitas penggunaan dompet virtual di
ibukota besar. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Tangerang,
31 October 2019
Penulis
Abstrak
San Kopi adalah sebuah usaha yang
bergerak di bidang penjualan kopi. Saat ini kedai San Kopi hanya terdapat berupa kedai tetap saja.
Sehingga proses jual beli hanya terjadi hanya terjadi pada kedai saja sehingga
pelanggan yang berada didaerah Jabodetabek ingin melakukan pembelanjaan secara continue sulit dilakukan. Meningkatnya
persaingan kedai didaerah Jabodetabek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
pelaku usaha harus mampu melakukan inovasi dengan melakukan perubahan transaksi
dari konvensional ke dalam bentuk digital. Penelitian ini adalah untuk
merancang dan membuat aplikasi e-commerce berbasis Web pada kedai San Kopi
sehingga menghasilkan toko online yang sederhana, ringan, namun handal dalam
memehuni kebutuhan penjual, dengan menggunakan aplikasi dan platform yang
berbeda.
Dalam melakukan penelitian ini,
jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
metode Design and Creation. Pembuatan E-commerce dibangun menggunakan metode
perancangan Website untuk kebutuhan pengguna.
Kata
kunci : E-commerce, Web
Daftar Isi
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Rumusan Masalah
1.2 Tujuan Penelitian
1.3 Batasan Masalah
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
BAB V PENUTUP
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 E-commerce
2.1.1 Komponen E-commerce
2.1.2 Manfaat Menggunakan E-commerce
2.1.3 Kelemahan E-commerce
2.3 WEB
2.3.1 Secara Umum
2.3.2 Para Ahli
2.3.3 Cara kerja Web
2.3.4 Fungsi Web
2.3.5 Jenis situs Web
2.4 Daftar Simbol
2.4.1 Daftar Simbol Flowmap Diagram
2.4.2 Daftar Simbol Use Case Diagram
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Lokasi Penelitian
3.2 Pendekatan Penelitian
3.3 Sumber Data
3.4 Metode Pengumpulan Data
3.5 Instrumen Penelitian
3.5.1 Perangkat Keras
3.5.2 Perangkat Lunak
3.6 Teknik Pengolahan dan Analisis
Data
3.6.1 Pengolahan Data
3.6.2 Analisis Data
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
4.1 Analisis Sistem yang sedang
Berjalan
4.2 Analisis Masalah
4.3 Analisis Kebutuhan
4.3.1 Kebutuhan Antarmuka ( Interface )
4.3.2 Kebutuhan Data
4.4 Perancangan Sistem
4.4.1 Website
BAB V IMPLEMENTASI DAN ANALISI HASIL
5.1 Implementasi
5.2 Interface pada Website
5.2.1 Antarmuka Halaman Utama
5.2.2 Antarmuka Halaman Pemesanan
5.3 Pengujian Kelayakan Website
BAB VI PENUTUP
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran
8.3 Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
Teknologi Informasi yang disertai perkembangan internet saling mendukung satu
sama lain sehingga melahirkan konsep Teknologi Informasi berbasis internet yang perkembangannya semakin luas dan
semakin banyak diterapkan dalam bisnis di berbagai bidang.
Kedai San Kopi adalah sebuah usaha
yang bergerah di bidang penjualan kopi untuk daerah Jabodetabek. Berbagai macam
kopi terdapat di kopi ini seperti kopi san, ecspreso, kopi lampung dll. Namun
untuk saat ini kedai San hanya berada di Jabodetabek, sehingga proses jual beli
hanya terjadi pada kedai saja. Hal ini menjadi kekurangan bagi kedai San,
karena pelanggan yang berada diluar Jabodetabek yang ingin melakukan transaksi
secara continue pada waktu tertentu
tidak dapat dilakukan secara cepat. Tidak dapat dipungkuri jika ada beberapa
pelanggan yang ingin melakukan pembelian dari kotanya. Namun karena kurangnya orientasi pemasaran sehingga menjadikan
kedai San kurang handal dalam melayani pelanggan yang tak dapat melakukan
transaksi secara nyata.
1.1
Rumusan Masalah
1.2
Tujuan Penelitian
1.3
Batasan Masalah
1.4
Manfaat Penelitian
BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Dengan berkembangnya e-commerce membuat banyak pelaku usaha
ingin menerapkan metode ini sebagai peluang pasar. Mengingat masyarakat dunia
mulai memasuki era digital yang
sesungguhnya. Hal ini terbukti dengan makin banyak kegiatan di dunia nyata
(fisik) yang dialihkan ke dunia internet. Salah satu dari pelaku usaha yang
memanfaatkan peluang ini adalah kedai San kopi. Banyak sekali kelebihan yang
didapat dari menggunakan e-commerce diantaranya
user dan produsen tidak langsung bertemu untuk melakukan transaksi tersebut
dimana transaksi ini bisa berlangsung selama 24 Jam dan bisa terjadi kapan dan
dimana saja. Permasalahan yang
terjadi, pada masa sekarang ini perangkat keras, sistem operasi, aplikasi,
hingga bahasa pemrograman semakin beraneka ragam jenisnya. Keadaan tersebut
dapat menimbulkan masalah dalam proses pertukaran data antar perangkat yang
menggunakan platform yang berbeda.
Permasalahan tersebut, bisa diatasi dengan menggunakan Web karena, dengan menggunakan Web
memungkinkan perangkat-perangkat
sistem operasi dan aplikasi ecommerce
merupakan suatu metode yang memanfaatkan media internet untuk berjalannya
transaksi secara online. Agar
fleksibilitas sistem e-commerce lebih
meningkat dan tidak terhalangi oleh persoalan interoperabilitas antar
perangkat. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan teknologi Web
1.1
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan di atas maka perumusan masalah yang muncul adalah bagaimana merancang
dan membangun e-commerce pada kedai San Kopi berbasis web ?
1.2
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk merancang dan membuat aplikasi e-commerce
berbasis Web pada kedai San
Kopi sehingga menghasilkan toko online yang sederhana, ringan, namun
cukup handal dalam memenuhi kebutuhan penjual, dan pelanggan dengan menggunakan
platform yang berbeda.
1.3
Batasan Masalah
Agar penelitian dalam rencana skripsi ini
lebih terarah dan memudahkan dalam pembahasan, maka perlu adanya pembatasan
masalah :
1.
Program
yang digunakan untuk perancangan web adalah PHP dan Mysql
2.
Penyajian
system meliputi infomasi jenis produk dengan fasilitas pemesanan, konfirmasi
pembayaran produk
1.4
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini antara
lain :
1.
Meningkatkan
dan memperluas penjualan produk.
2.
Membantu
promosi melalui sarana internet.
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah
penulisan skripsi ini, penulis membuat suatu sistematika penulisan yang terdiri
dari:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menguraikan tentang
latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat
penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan yang berisi
penjelasan - penjelasan dari isi tiap bab dan sub bab yang ditulis dari skripsi
ini.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini
berisi tentang uraian-uraian seputar sistem informasi dan sistem Web ditinjau dari sudut teori perancangan sistem yang
merupakan konsep dasar sistem informasi yang akan dipergunakan pada bagian
pembahasan.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini berisi tentang perencanaan model
dan perancangan pembuatan program aplikasi. Diantaranya mengenai perancangan
sistem dan perancangan pembuatan Web
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Bab ini membahas
analisa data dan pengujian kinerja program yang telah dibuat. Penganalisaan
menyangkut struktur program. Kinerja program dan mekanisme jalannya program.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan
yang didapat dalam pengembangan sistem dari rumusan masalah-masalah yang
dibahas serta saran-saran untuk perbaikan sistem aplikasi, sehingga sistem yang
baru bisa lebih baik.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.1
Komponen E-commerce
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 E-commerce
E-commerce merupakan
bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet yang
melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, email yang terhubung dalam jaringan internet. Dari definisi
e-commerce maka dapat diketahui
manfaat e-commerce yaitu membantu
pengguna komputer, baik pelaku bisnis (pedagang, distributor, produsen) maupun
konsumen akhir, didalam melakukan jual beli barang dan jasa serta transaksi
secara cepat dan mudah mudah berbasiskan internet. Kegiatan transaksi dapat
langsung terjadi antar pengguna dan pembeli, tanpa perlu adanya kontak fisik
dan tatap muka langsung. Definisi lain
untuk bisnis online, ada istilah
e-commerce. Tetapi yang pasti, setiap kali orang berbicara tentang e-commerce, mereka memahaminya sebagai
bisnis yang berhubungan dengan internet.
Dari definisi diatas, bisa diketahui
karakteristik bisnis online, yaitu:
1.
Terjadinya
transaksi antara dua belah pihak
2.
Adanya
pertukaran barang, jasa, atau informasi
3.
Internet
merupakan media utama dalam proses atau mekanisme transaksi tersebut.
Terdapat tiga faktor utama penyebab
munculnya e-commerce di era digital
ini. Ketiga faktor pemicu tersebut adalah adanya evolusi komputer beserta
dengan hardware dan software, perkembangan jaringan komputer dan internet,
serta perubahan gaya hidup dan pola pikir manusia di era digital.
2.1.1
Komponen E-commerce
Terdapat beberapa komponen yang terlibat, yaitu :
2.1.2 Customer
merupakan para pengguna internet yang dapat dijadikan sebagai target pasar yang
potensial untuk diberikan penawaran berupa produk, jasa atau informasi oleh
para penjual.
2.1.3
Penjual
merupakan pihak yang menawarkan produk, jasa, atau informasi kepada para customer baik individu maupun
organisasi.
2.1.4
Produk
Salah satu perbedaan anara e-commerce
dengan traditional commerce terletak
pada produk yang dijual. Pada dunia maya, penjual dapat menjual produk digital.
Produk digital yang dapat dikirimkan secara langsung melaui internet.
2.1.5 Infrastruktur pasar yang menggunakan media elektronik meliputi
perangkat keras, perangkat lunak dan juga sistem jaringannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar