Minggu, 26 Januari 2020

“RANCANG BANGUN E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA KEDAI SAN KOPI”

PROPOSAL PENELITIAN

Diajukan Sebagai Syarat Untuk Menyelesaikan Mata Kuliah Pendidikan Metode Penelitian
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Universitas Pamulang


Oleh :
NURUL MUSTHOFA
171011402408

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PAMULANG
2019





Kata Pengantar


            Syukur Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada Allah SWT, karena saya dapat menyelesaikan tugas saya yaitu membuat proposal penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Service pada Kedai San Kopi“ dengan tepat waktu. Harap memaklumi disini saya masih belum memiliki pengetahuan yang banyak tentang tata cara membuat proposal yang baik. Ini adalah pertama kali nya saya membuat proposal. Untuk kesempurnaan proposal ini saran yang membangun selalu saya harapkan.
            Disini saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu untuk menyelesaikan proposal ini, khususnya :
1.      Orang tua /  keluarga saya yang telah memberi dorongan, inspirasi, mendoakan dan mendukung langkah saya untuk mewujudkan mimpi saya
2.      DR.H.Dayat Hidayat, M.M. selaku Rektor Universitas Pamulang
3.      Drs. H. Buchori Hasmi Nuriman, M.M, selaku Wakil Rektor I Universitas Pamulang
4.      Syaiful Bahri, S.Kom M.Kom, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang
5.      Ibu Kasih, selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
6.      Teman teman mahasiswa program studi Teknik Informatika semester 5 dan rekan seperjuangan 05TPLP002 serta seluruh pihak yang telah membantu kelancaran penyusunan proposal ini, baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak padat penulis sebutkan satu persatu.
Dengan dibuatnya proposal ini, saya ingin meneliti seberapa besar efektivitas penggunaan dompet virtual di ibukota besar. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Tangerang, 31 October 2019

Penulis

Abstrak

            San Kopi adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan kopi. Saat ini kedai San Kopi  hanya terdapat berupa kedai tetap saja. Sehingga proses jual beli hanya terjadi hanya terjadi pada kedai saja sehingga pelanggan yang berada didaerah Jabodetabek ingin melakukan pembelanjaan secara continue sulit dilakukan. Meningkatnya persaingan kedai didaerah Jabodetabek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pelaku usaha harus mampu melakukan inovasi dengan melakukan perubahan transaksi dari konvensional ke dalam bentuk digital. Penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi e-commerce berbasis Web pada kedai San Kopi sehingga menghasilkan toko online yang sederhana, ringan, namun handal dalam memehuni kebutuhan penjual, dengan menggunakan aplikasi dan platform yang berbeda.
            Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode Design and Creation. Pembuatan E-commerce dibangun menggunakan metode perancangan Website untuk kebutuhan pengguna.

Kata kunci : E-commerce, Web



Daftar Isi


Kata Pengantar. I
Abstrak. II
Daftar Isi III
Daftar Gambar. V
Daftar Tabel VI
BAB I PENDAHULUAN.. 1
1.1         Rumusan Masalah. 2
1.2         Tujuan Penelitian. 2
1.3         Batasan Masalah. 2
1.4         Manfaat Penelitian. 2
1.5         Sistematika Penulisan. 2
BAB I         PENDAHULUAN.. 3
BAB II        LANDASAN TEORI 3
BAB III      ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM... 3
BAB IV      IMPLEMENTASI PROGRAM.. 3
BAB V       PENUTUP. 3
BAB II LANDASAN TEORI 4
2.1         E-commerce. 4
2.1.1          Komponen E-commerce. 4
2.1.2          Manfaat Menggunakan E-commerce. 5
2.1.3          Kelemahan E-commerce. 5
2.3         WEB. 6
2.3.1          Secara Umum.. 6
2.3.2          Para Ahli 6
2.3.3          Cara kerja Web. 7
2.3.4          Fungsi Web. 7
2.3.5          Jenis situs Web. 8
2.4         Daftar Simbol 9
2.4.1          Daftar Simbol Flowmap Diagram.. 9
2.4.2          Daftar Simbol Use Case Diagram.. 10
BAB III METODE PENELITIAN.. 12
3.1         Jenis dan Lokasi Penelitian. 12
3.2         Pendekatan Penelitian. 12
3.3         Sumber Data. 12
3.4         Metode Pengumpulan Data. 12
3.5         Instrumen Penelitian. 13
3.5.1          Perangkat Keras. 13
3.5.2          Perangkat Lunak. 13
3.6         Teknik Pengolahan dan Analisis Data. 14
3.6.1          Pengolahan Data. 14
3.6.2          Analisis Data. 14
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM... 15
4.1         Analisis Sistem yang sedang Berjalan. 15
4.2         Analisis Masalah. 16
4.3         Analisis Kebutuhan. 16
4.3.1          Kebutuhan Antarmuka ( Interface ). 16
4.3.2          Kebutuhan Data. 16
4.4         Perancangan Sistem.. 17
4.4.1          Website. 17
BAB V IMPLEMENTASI DAN ANALISI HASIL. 18
5.1         Implementasi 18
5.2         Interface pada Website. 18
5.2.1          Antarmuka Halaman Utama. 18
5.2.2          Antarmuka Halaman Pemesanan. 19
5.3         Pengujian Kelayakan Website. 19
BAB VI PENUTUP. 22
6.1         Kesimpulan. 22
6.2         Saran. 22
8.3         Daftar Pustaka. 23




BAB I

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi yang disertai perkembangan internet saling mendukung satu sama lain sehingga melahirkan konsep Teknologi Informasi berbasis  internet yang perkembangannya semakin luas dan semakin banyak diterapkan dalam bisnis di berbagai bidang.
Kedai San Kopi adalah sebuah usaha yang bergerah di bidang penjualan kopi untuk daerah Jabodetabek. Berbagai macam kopi terdapat di kopi ini seperti kopi san, ecspreso, kopi lampung dll. Namun untuk saat ini kedai San hanya berada di Jabodetabek, sehingga proses jual beli hanya terjadi pada kedai saja. Hal ini menjadi kekurangan bagi kedai San, karena pelanggan yang berada diluar Jabodetabek yang ingin melakukan transaksi secara continue pada waktu tertentu tidak dapat dilakukan secara cepat. Tidak dapat dipungkuri jika ada beberapa pelanggan yang ingin melakukan pembelian dari kotanya. Namun karena kurangnya orientasi pemasaran sehingga menjadikan kedai San kurang handal dalam melayani pelanggan yang tak dapat melakukan transaksi secara nyata.
Dengan berkembangnya e-commerce membuat banyak pelaku usaha ingin menerapkan metode ini sebagai peluang pasar. Mengingat masyarakat dunia mulai memasuki era digital yang sesungguhnya. Hal ini terbukti dengan makin banyak kegiatan di dunia nyata (fisik) yang dialihkan ke dunia internet. Salah satu dari pelaku usaha yang memanfaatkan peluang ini adalah kedai San kopi. Banyak sekali kelebihan yang didapat dari menggunakan e-commerce diantaranya user dan produsen tidak langsung bertemu untuk melakukan transaksi tersebut dimana transaksi ini bisa berlangsung selama 24 Jam dan bisa terjadi kapan dan dimana saja. Permasalahan yang terjadi, pada masa sekarang ini perangkat keras, sistem operasi, aplikasi, hingga bahasa pemrograman semakin beraneka ragam jenisnya. Keadaan tersebut dapat menimbulkan masalah dalam proses pertukaran data antar perangkat yang menggunakan platform yang berbeda. Permasalahan tersebut, bisa diatasi dengan menggunakan Web karena, dengan menggunakan Web  memungkinkan perangkat-perangkat sistem operasi dan aplikasi ecommerce merupakan suatu metode yang memanfaatkan media internet untuk berjalannya transaksi secara online. Agar fleksibilitas sistem e-commerce lebih meningkat dan tidak terhalangi oleh persoalan interoperabilitas antar perangkat. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan teknologi Web


1.1  Rumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka perumusan masalah yang muncul adalah bagaimana merancang dan membangun e-commerce pada kedai San Kopi berbasis web ?

1.2  Tujuan Penelitian


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi e-commerce berbasis Web pada kedai San Kopi  sehingga menghasilkan toko online yang sederhana, ringan, namun cukup handal dalam memenuhi kebutuhan penjual, dan pelanggan dengan menggunakan platform yang berbeda.

1.3  Batasan Masalah


Agar penelitian dalam rencana skripsi ini lebih terarah dan memudahkan dalam pembahasan, maka perlu adanya pembatasan masalah :
1.      Program yang digunakan untuk perancangan web adalah PHP dan Mysql
2.      Penyajian system meliputi infomasi jenis produk dengan fasilitas pemesanan, konfirmasi pembayaran produk

1.4  Manfaat Penelitian


Adapun manfaat dari penelitian ini antara lain : 
1.      Meningkatkan dan memperluas penjualan produk.
2.      Membantu promosi melalui sarana internet.

1.5  Sistematika Penulisan


Untuk mempermudah penulisan skripsi ini, penulis membuat suatu sistematika penulisan yang terdiri dari: 

BAB I             PENDAHULUAN


Pada bab ini akan menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan yang berisi penjelasan - penjelasan dari isi tiap bab dan sub bab yang ditulis dari skripsi ini.

BAB II            LANDASAN TEORI


Pada bab ini berisi tentang uraian-uraian seputar sistem informasi dan sistem Web ditinjau dari sudut teori perancangan sistem yang merupakan konsep dasar sistem informasi yang akan dipergunakan pada bagian pembahasan. 

BAB III          ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM


 Pada bab ini berisi tentang perencanaan model dan perancangan pembuatan program aplikasi. Diantaranya mengenai perancangan sistem dan perancangan pembuatan Web

BAB IV          IMPLEMENTASI PROGRAM


Bab ini membahas analisa data dan pengujian kinerja program yang telah dibuat. Penganalisaan menyangkut struktur program. Kinerja program dan mekanisme jalannya program.

BAB V            PENUTUP


Pada bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan yang didapat dalam pengembangan sistem dari rumusan masalah-masalah yang dibahas serta saran-saran untuk perbaikan sistem aplikasi, sehingga sistem yang baru bisa lebih baik.




BAB II

LANDASAN TEORI

2.1   E-commerce

E-commerce merupakan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, email yang terhubung dalam jaringan internet. Dari definisi e-commerce maka dapat diketahui manfaat e-commerce yaitu membantu pengguna komputer, baik pelaku bisnis (pedagang, distributor, produsen) maupun konsumen akhir, didalam melakukan jual beli barang dan jasa serta transaksi secara cepat dan mudah mudah berbasiskan internet. Kegiatan transaksi dapat langsung terjadi antar pengguna dan pembeli, tanpa perlu adanya kontak fisik dan tatap muka langsung.  Definisi lain untuk bisnis online, ada istilah e-commerce. Tetapi yang pasti, setiap kali orang berbicara tentang e-commerce, mereka memahaminya sebagai bisnis yang berhubungan dengan internet.
Dari definisi diatas, bisa diketahui karakteristik bisnis online, yaitu:
1.      Terjadinya transaksi antara dua belah pihak 
2.      Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
3.      Internet merupakan media utama dalam proses atau mekanisme transaksi tersebut.

Terdapat tiga faktor utama penyebab munculnya e-commerce di era digital ini. Ketiga faktor pemicu tersebut adalah adanya evolusi komputer beserta dengan hardware dan software, perkembangan jaringan komputer dan internet, serta perubahan gaya hidup dan pola pikir manusia di era digital.

2.1.1        Komponen E-commerce

Terdapat beberapa komponen yang terlibat, yaitu :
2.1.2   Customer merupakan para pengguna internet yang dapat dijadikan sebagai target pasar yang potensial untuk diberikan penawaran berupa produk, jasa atau informasi oleh para penjual.
2.1.3   Penjual merupakan pihak yang menawarkan produk, jasa, atau informasi kepada para customer baik individu maupun organisasi. 
2.1.4   Produk Salah satu perbedaan anara e-commerce dengan traditional commerce terletak pada produk yang dijual. Pada dunia maya, penjual dapat menjual produk digital. Produk digital yang dapat dikirimkan secara langsung melaui internet.
2.1.5   Infrastruktur pasar yang menggunakan media elektronik meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan juga sistem jaringannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar